Rulia Asti (2014) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN SAINS MELALUI STRATEGI LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE DI MI MUHAMMADIYAH SIMPANG KUBU KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (60kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (13kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa dengan penggunaan strategi pembelajaran Lightening The Learning Climate pada mata pelajaran Sains di V MI Muhammadiyah Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar, dalam pembelajaran Sains terdapat beberapa fenomena yang berkaitan dengan hasil belajar siswa diantaranya: Dari 20 orang siswa, 10 orang atau sekitar 50 % sering terlambat masuk ke kelas. Jika diberikan tugas atau Pekerjaan Rumah (PR), hanya 4-5 orang atau 25 % yang mengerjakannya. Selama proses pembelajaran, hanya 2-3 orang atau sekitar 12.5 -18.75 % yang memperhatikan keterangan guru. Siswa kurang aktif bertanya dalam belajar,kalaupun ada yang bertanya, pertanyaannya pun kurang sesuai dengan materi yang dipelajari. Siswa kelas V MI senang bercanda dengan temannya walaupun sudah diperingatkan oleh gurunya. Dimulai oleh satu orang, yang lain pun ikutan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian lebih terarah sesuai dengan perencanaan, maka penelitian ini terdiri atas beberapa tahapan yaitu: perencanaan/persiapan tindakan, kemudian pelaksanaan tindakan, serta observasi dan refleksi tindakan. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Muhammadiyah Simpang Kubu sebanyak 20 orang yang terdiri atas 10 orang laki –laki dan 10 orang perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah minat belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah dan penerapan strategi pembelajaran Lightening The Learning Climate pada mata pelajaran sains. Berdasarkan hasil penelitian terhadap minat belajar siswa sebelum dilakukan tindakan berada pada rata-rata 48% dengan kategori kurang. Siklus I pertemuan 1 diperoleh rata-rata 61% dengan kategori sedang, meningkat pada pertemuan 2 dengan rata-rata 65% pada kategori sedang. Minat belajar siswa pada siklus II pertemuan 1 juga terjadi peningkatan dengan rata-rata 75% pada kategori baik, dan pada pertemuan 2 meningkat menjadi 81% dengan kategori `baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi lightening the learning climate dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas V MI Muhammadyah Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar pada tahun pelajaran 2013 -2014
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 30 Jul 2016 20:43 |
Last Modified: | 30 Jul 2016 20:43 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5996 |
Actions (login required)
View Item |