DIAN LESTARI, - (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BAGAN SINEMBAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Dian Lestari, (2021): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Time Token Terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bagan Sinembah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Time Token Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bagan Sinembah. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bagan Sinembah. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IIS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IIS 2 sebagai kelas kontrol. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI IIS 1 dan XI IIS 2. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran time token dan keaktifan belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis untuk menguji hipotesis menggunakan tes “t”. Berdasarkan penelitian yang telah penulis lakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran time token terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bagan Sinembah. Dibuktikan dengan nilai rata-rata yang diperoleh dari hasil uji T dimana diketahui bahwa hasil tes t sebesar 23,669 dengan df = 78. Jika harga to (t hitung) = 23,669 dibandingkan dengan tt (t tabel) dengan df = 78 maka diperoleh harga kritik “t” atau nilai t tabel pada taraf signifikan 5% = 1,991 dan 1% =2,375. Maka diperoleh bahwa t hitung> tabel t taraf signifikan 5% (1,991) dan 1% (2,375) atau 1,991 < 23,669 > 2,375 yang berarti maka Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara keaktifan belajaar siswa yang menggunakan model pembelajaran time token dibandingkan keaktifan belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran time token pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bagan Sinembah Kata Kunci : Pembelajaran Time Token, Keaktifan Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 18 Mar 2022 03:28 |
Last Modified: | 18 Mar 2022 03:28 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59563 |
Actions (login required)
View Item |