AINUL MARDHIYAH, - (2022) MAJAZ MURSAL DAN PENGARUHNYA DALAM MEMAHAMI AYAT-AYAT AL –QUR’AN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (746kB) |
||
|
Text
SKRIPSI AINUL MARDHIYAH.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Ainul Mardhiyah, (2021):Majaz Mursal dan Pengaruhnya dalam memahami Ayat-Ayat Al –Qur’an Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui majaz mursal dan pengaruhnya dalam memahami ayat-ayat Al-Qur’an. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif studi pustaka. Dan dalam penelitian ini, peneliti ini menggunakan sumber data yang terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder yang berhubungan dengan penelitian ini. Adapun metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu metode Bahsun Maktabiyyun dan metode dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis isi (konten analisis). Adapun teknik pengambilan sampling peneliti menggunakan teknik Purposive Sampling, adapun Samplingnya adalah surat Al baqarah, Ali Imran, dan beberapa surat yang terdapat pada juz 29, yaitu: Al Mulk, Al Qalam, Nuh, Al Jin, Al Muzammil, Al Muddatsir, dan Al Mursalat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 31 ayat yang mengandung majaz mursal pada surat Al baqarah, Ali Imran, dan beberapa surat yang terdapat pada juz 29. Adapun alaqah majaz mursal yang terdapat pada ayat-ayat tersebut ada 11 alaqah yaitu: Al juz’iyyah, Al kulliyyah, As Sababiyyah, Al Musabbabiyyah, Al haliyah, Al Mahalliyah, I’tibar ma kana, I’tibar ma yakunu, Al Umumiyyah, Al Badaliyyah, dan Allazimiyyah. Kata kunci: Majaz Mursal, Pengaruh, Al Qur’an
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 14 Feb 2022 02:33 |
Last Modified: | 14 Feb 2022 02:33 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59225 |
Actions (login required)
View Item |