Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ROLE OF GENDER IN SELF DETERMINATION MOTIVATION IN LEARNING ENGLISH AMONG EFL STUDENTS AT MTS DARUL QUR’AN

LAURA ANJANI LUBIS, - (2022) ROLE OF GENDER IN SELF DETERMINATION MOTIVATION IN LEARNING ENGLISH AMONG EFL STUDENTS AT MTS DARUL QUR’AN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (750kB)
[img]
Preview
Text
THESIS LAURA ANJANI LUBIS SKRIPSI.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Laura Anjani Lubis, (2022): Peran Gender dalam Motivasi Self- Determination dalam belajar Bahasa Inggris Diantara Siswa EFL di MTs Darul Qur’an Gender dianggap sebagai salah satu faktor penting yang mempengaruhi motivasi siswa dalam penguasaan belajar bahasa inggris. Motivasi sangat penting dalam belajar bahasa inggris karena dapat mendorong seseorang untuk memiliki keinginan dan semangat dalam belajar. Menurut Ryan and Deci (2000), ada dua jenis motivasi yang dapat membantu pembelajaran bahasa asing, hal ini berdasarkan teori self-dertermination yaitu; motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat peran gender dalam motivasi self-determination dalam belajar bahasa Inggris dan untuk mengetahui jenis motivasi apa yang paling dominan yang dimiliki oleh siswa dalam memotivasi mereka dalam belajar bahasa inggris pada siswa EFL di MTs Darul Qur'an. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan desain penelitian survey. Untuk menganalisis data, penelitian ini menggunakan program SPSS versi 20 dan Microsoft Excel. Penelitian ini dilakukan pada 08 September hingga 30 Oktober 2021 di MTs Darul Qur’an. Instrumen penelitian berupa angket yang terdiri dari 20 item. Angket dibagikan secara langsung kepada 65 siswa kelas 8 sebagai sampel. Penentuan sampel ini dilakukan dengan cara simple random sampling dari 2 karakteristik (laki-laki dan perempuan). Hasil analisa deskriptif dari data yang didapat menunjukkan bahwa siswa perempuan lebih termotivasi untuk belajar bahasa inggris dari pada siswa laki-laki. Sebanyak 26 siswa perempuan dengan presentase 68.4% memiliki motivasi yang tinggi, sedangkan sebanyak 2 siswa laki-laki dengan presentase 7.4% memiliki motivasi yang tinggi. Kemudian, untuk jenis motivasi yang paling dominan pada siswa dalam belajar bahasa inggris adalah motivasi intrinsik, yaitu dengan skor rata-rata pada siswa laki-laki sebanyak 3.44 dan 4.36 untuk skor ratarata siswa perempuan. Berdasarkan rentang interpretasi, skor rata-rata tersebut tergolong tinggi. Dengan demikian jenis motivasi siswa dalam belajar bahasa inggris di MTs Darul Qur’an adalah motivasi intrinsik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 10 Feb 2022 01:01
Last Modified: 10 Feb 2022 01:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59162

Actions (login required)

View Item View Item