Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

A COMPARATIVE STUDY OF STUDENTS’ SPEAKING SKILL BASED ON THEIR PERSONALITY TYPES AT STATE SENIOR HIGH SCHOOL 2 PEKANBARU

MUHAMMAD HOLLINDO ALWEN, - (2022) A COMPARATIVE STUDY OF STUDENTS’ SPEAKING SKILL BASED ON THEIR PERSONALITY TYPES AT STATE SENIOR HIGH SCHOOL 2 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (647kB)
[img]
Preview
Text
THESIS MUHAMMAD HOLLINDO ALWEN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Muhammad Hollindo Alwen (2021): Perbandingan Kemampuan Berbicara Siswa Berdasarkan Jenis Kepribadiannya di SMA Negeri 2 Pekanbaru. Berbicara merupakan bagian paling penting dalam sebuah bahasa khususnya dalam pembelajaran bahasa Inggris. Bahasa Inggris sebagai alat komunikasi tidak akan berjalan dengan baik tanpa kemampuan berbicara yang baik. Salah satu faktor yang mempengaruhi speaking adalah kepribadian. Kebanyakan siswa lahir dengan kepribadian yang berbeda-beda. Teori jenis kepribadian yang digunakan dalam penelitian ini adalah istilah yang bernama “temperamen”. Mereka terdiri dari 4 jenis yaitu; sanguine, choleric, melancholy dan phlegmatic. Perbedaan kepribadian tersebut berpengaruh dalam kemampuan berbicara mereka. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti melakukan penelitian untuk melihat apakah ada perbedaan yang signifikan didalam kemampuan berbicara siswa berdasarkan jenis kepribadian mereka di SMA Negeri 2 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode komparasi. Metode komparasi adalah metode penelitian untuk membandingkan 2 atau lebih variable terhadap fenomena atau kondisi tertentu. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2021 sampai Desember pada tahun 2021. Penelitian bertempat di SMAN 2 Pekanbaru. Responden dari penelitian ini terdiri dari 116 orang yang merupakan siswa jurusan MIPA semester 2 dikelas XII. Peneliti menggunakan Two-stage sampling. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan tes kepribadian siswa untuk mengukur jenis kepribadian mereka yang terdiri dari 40 baris dan peneliti menggunakan dokumentasi dari nilai speaking siswa yang telah dibuat oleh guru bahasa Inggris untuk menentukan kemampuan berbicara siswa. Peneliti menggunakan uji non-Parametrik Kruskal-Wallis melalui SPSS 22.0 untuk menganalisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai sig. adalah 0,893 yang lebih tinggi dari nilai alfa (0,05). Itu menunjukkan bahwa Ho diterima sedangkan Ha ditolak. Kesimpulannya, tidak ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan berbicara siswa berdasarkan jenis kepribadian mereka di SMA Negeri 2 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 03 Feb 2022 06:58
Last Modified: 03 Feb 2022 06:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59059

Actions (login required)

View Item View Item