Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS’ SELF-CONCEPT AND THEIR WRITING ABILITY AT SENIOR HIGH SCHOOL 1 PASIR PENYU

FELIA WINERDHA, - (2022) THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS’ SELF-CONCEPT AND THEIR WRITING ABILITY AT SENIOR HIGH SCHOOL 1 PASIR PENYU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FELIA WINERDHA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Felia Winerdha (2022): Hubungan Konsep Diri Siswa dengan Kemampuan Menulis Siswa di SMAN 1 Pasir Penyu. Menulis merupakan salah satu dari empat keterampilan berbahasa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Menulis merupakan kemampuan yang penting untuk dipelajari oleh siswa untuk mengembangkan kemampuan mereka dalam mengungkapkan ide-ide mereka dan membangun atau memelihara hubungan sosial dengan berkomunikasi dengan orang lain. Cukup sulit untuk mengembangkan ide menjadi paragraf yang panjang dan mengikuti aturan teks. Faktor-faktor ini dapat menyebabkan siswa berpikir bahwa mereka tidak dapat melakukannya. Kepribadian ini mungkin menjadi masalah utama bagi siswa untuk mulai belajar keterampilan bahasa asing. Dengan kata lain, salah satu faktor yang mungkin mempengaruhi siswa untuk belajar menulis adalah Konsep Diri mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri siswa dengan kemampuan menulis siswa di SMA Negeri 1 Pasir Penyu. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Metode korelasi yang digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai Oktober 2021 di SMA Negeri 1 Pasir Penyu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pasir Penyu yang berjumlah 140 siswa dan sampel sebanyak 35 siswa diambil secara simple random sampling. Selain itu, peneliti menggunakan dua teknik yaitu angket yang digunakan untuk mengukur konsep diri siswa dan tes menulis yang digunakan untuk mengetahui kemampuan mereka dalam menulis teks deskriptif. Peneliti menggunakan koefisien korelasi Pearson Product Moment melalui SPSS 23.00 untuk menganalisis data. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara konsep diri siswa dengan kemampuan menulis siswa di SMA Negeri 1 Pasir Penyu dan juga termasuk dalam kategori lemah, sehingga dapat disimpulkan bahwa konsep diri berpengaruh tidak terlalu signifikan terhadap kemampuan menulis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 31 Jan 2022 08:11
Last Modified: 31 Jan 2022 08:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58961

Actions (login required)

View Item View Item