Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KESALAHAN SHORF DALAM MEMBACA TEKS BERBAHASA ARAB BAGI MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU

PUTRI AULIA, - (2022) ANALISIS KESALAHAN SHORF DALAM MEMBACA TEKS BERBAHASA ARAB BAGI MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI PUTRI AULIA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Putri Aulia, (2022) : Analisis Kesalahan Shorf dalam membaca teks berbahasa Arab bagi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang bertujuan untuk menganalisis kesalahan Shorf dalam membaca teks berbahasa Arab bagi mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 5 tahun ajaran 2021 yang berjumlah 118 mahasiswa. Karena banyaknya jumlah populasi maka peneliti mengambil sampel sebanyak 35 mahasiswa. Beberapa bab shorf yang peneliti tentukan dalam penelitian ini adalah bab Tsulatsiyyah Mujarrodah, dan bab Tsulatsiyyah Mazidah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, dokumentasi, dan angket. Peneliti melakukan penelitian ini dalam 4 tahapan yaitu : 1. Mengenali Kesalahan 2. Mengkategorikan kesalahan 3. Memperbaiki kesalahan 4. Menjelaskan Kesalahan. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa mencapai 963 kesalahan, berikut perinciannya : kesalahan pada bab Tsulatsiyyah Mujarrodah mencapai 343 kesalahan dengan persentase 18,49%. Dan kesalahan pada bab Tsulatsiyyah Mazidah mencapai 620 kesalahan dengan persentase 34,73%. Adapun sebab terjadinya kesalahan Shorf dalam membaca adalah: 1. Kurangnya waktu yang disiapkan untuk mempelajari shorf 2. Banyak mahasiswa yang belum memahami pentingnya kaedah shorf dalam membaca 3. Banyak mahasiswa yang belum mampu mengaplikasikan kaedah shorf dalam membaca 4. Kurangnya waktu yang disiapkan untuk latihan shorf khususnya dalam pembacaan teks yang menyebabkan keraguan ketika membaca. Kata kunci: Analisis, Kesalahan, Membaca

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Jan 2022 04:04
Last Modified: 27 Jan 2022 04:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58610

Actions (login required)

View Item View Item