ONGKY ANGGARA, - (2021) STRATEGI KOMUNIKASI PENYIAR DALAM MENYAMPAIKAN PESAN-PESAN DAKWAH DI RADIO ROBBANI 91,1 FM PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (476kB) |
Abstract
Keberadaan media radio cukup memiliki posisi yang strategis, hal tersebut karena radio mempunyai keistimewaan dibanding dengan media massa lainnya. radio dapat memindahkan informasi pada pendengarnya dalam waktu yang lebih cepat antara yang lainnya dengan cara membantu orang untuk lebih kreatif dengan melepaskan imajinasi sebebas-bebasnya, mengembangkan daya nalar keberbagai penjuru, sehingga berhasil menemukan suatu pemikiran yang cemerlang dan stabil. Penelitian ini adalah kualitatif, dengan metode deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi komunikasi penyiar dalam menyampaikan pesan-pesan dakwah di radio Robbani 91.1 FM Pekanbaru. Subjek Penelitian ini pengurus dari Radio Robbani Kota Pekanbaru. Informan penelitian ini adalah berjumlah 2 (dua) orang dan berfungsi sebagai responden atau informan penelitian. Yaitu: 2 orang dari penyiar Radio Robbani 91,1 FM Kota Pekanbaru. Data yang diperolah menggunakan analisa kualitatif yang mengambarkan kata-kata atau kalimat untuk kesimpulan. Kemudian dilakukan analisi data. Hasil penelitian penerapan strategi penyiaran dalam menyampaikan pesan-pesan dakwah di mulai dengan perhatian (Attention), minat (Interest), Keinginan (Desire), terakhir aksi (Action) berupa strategi menyampaikan pesan dakwah dalam penyiaran. Disebut AIDA dari singkatan 4 tahap. Attention (perhatian) cara Radio Robbani membuat pendengar menarik perhatian dengan cara penyampaian penyiar lebih menarik dan terstruktur Interest (minat) Ketertarikan pendengar dengan membuat susunan acara lebih menarik Desire (berniat atau berhasrat) Menyiarkan siaran melalu strategi yang tersusun sehingga seakan-akan menyiarkan secara spontan. Action (aksi) sudah mulai diterapkan diradio robbani. Kata Kunci : Strategi Siaran Radio, Pesan-pesan Dakwah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | fdk - |
Date Deposited: | 27 Jan 2022 03:42 |
Last Modified: | 27 Jan 2022 03:42 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58582 |
Actions (login required)
View Item |