Wahyu Saswika (2014) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN METODE MIND MAP TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MTS HASANAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (150kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (16kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran Everyone is A Teacher Here (ETH) dengan metode mind map dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, dan mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematika siswa MTs Hasanah Pekanbaru melalui strategi pembelajaran ETH dengan metode mind map. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah terdapat perbedaan pemahaman konsep matematika antara siswa yang menggunakan strategi pembelajaran everyone is a teacher here dengan metode mind map dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di MTs Hasanah Pekanbaru? dan bagaimanakah peningkatan pemahaman konsep matematika siswa MTs Hasanah Pekanbaru melalui strategi pembelajaran everyone is a teacher here dengan metode mind map?” Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Hasanah Pekanbaru, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VIIA dan VIID yang berjumlah 64 orang. Variabel bebasnya adalah penerapan strategi pembelajaran ETH dengan metode mind map, sedangkan variabel terikat adalah pemahaman konsep matematika siswa MTs Hasanah Pekanbaru. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, dokumentasi dan tes. Dalam analisis data digunakan rumus tes-t untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan pemahaman konsep siswa dan N-Gain untuk mengetahui besar peningkatan pemahaman konsep siswa yang menggunakan strategi pembelajaran ETH dengan metode mind map. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan tes-t, diperoleh bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang menggunakan strategi pembelajaran ETH dengan metode mind map dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, terlihat dari nilai mean kelas eksperimen 80,97 lebih tinggi daripada kelas kontrol 72,19 dan terjadi peningkatan pemahaman konsep siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran ETH dengan metode mind map. Berdasarkan nilai g, peningkatan kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yakni sebesar 0,59946 dan 0,46233. Dengan demikian, penerapan strategi ETH dengan metode mind map berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika siswa MTs Hasanah Pekanbaru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 29 Jul 2016 01:34 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 01:34 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5847 |
Actions (login required)
View Item |