FAJAR WAHYUDI, - (2022) HUBUNGAN LOCUS OF CONTROL DENGAN RESILIENSI PADA MAHASISWA UIN SUSKA RIAU YANG MERANTAU DI PEKANBARU PADA MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (664kB) |
||
|
Text
SKRIPSI FAJAR WAHYUDI.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
Resiliensi merupakan daya ketahanan diri individu untuk menghadapi tantangan dan berkembang pada permasalahan hidup, termasuk pada kondisi pandemi Covid-19. Perubahan dalam sistem pembelajaran menjadi online, perekonomian masyarakat yang kian sulit, diiringi dengan tekanan dalam menyesuaikan keadaan baru membuat mahasiswa perantau cenderung merasakan stres. Resiliensi membantu mahasiswa perantau untuk tahan menghadapi berbagai kesulitan serta bangkit dari stres dan diiringi dengan locus of control yang baik membuat mereka yakin mengenai sumber perilakunya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat hubungan antara locus of control internal dan eksternal dengan resiliensi pada mahasiswa UIN Suska Riau yang merantau di Pekanbaru pada masa Covid-19. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 160 Mahasiswa perantau didapatkan melalui teknik accidental sampling. Instrumen alat ukur yang digunakan yaitu skala locus of control dan skala resiliensi dengan model skala likert. Analisis data menggunakan analisis korelasi product moment. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat hubungan antara locus of control internal dan eksternal dengan resiliensi. Artinya, semakin tinggi locus of control internal dan eksternal maka semakin tinggi pula resiliensi yang dimiliki. Kata-kunci: Locus of Control, Resiliensi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | fpsi - |
Date Deposited: | 27 Jan 2022 03:52 |
Last Modified: | 27 Jan 2022 03:52 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58434 |
Actions (login required)
View Item |