Nur Aidayati (2014) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SURAT-SURAT PILIHAN SISWA KELAS IV SD YLBMI KECAMATAN SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOLABORASI (COLLABORATION LEARNING). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (21kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (135kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (5kB) | Preview |
Abstract
Penerapan Model Mengajar Kolaborasi bagi peningkatan Kemampuan Membaca (Penelitian Tindakan Kelas pada Pembelajaran Membaca surat-surat pilihan Siswa kelas IV SD YLBMI Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar Tahun Pelajaran 2006/2007)”. Kemampuan membaca Al Qur'an yang diimplementasikan dalam bentuk kemampuan membaca surat-surat pilihan merupakan salah sate standar kompetensi yang harus dimiliki oleh siswa, pada bidang studi Pendidikan Agama Islam. Demikian halnya pada Sekolah Dasar (SD) YLBMI Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar, melalui proses pembelajaran bidang studi Pendidikan Agama Islam yang menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) diharapkan agar siswa mampu membaca surat-surat pilihan dengan benar, menyalin dan mengartikannya. Data di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan siswa membaca suratsurat pilihan khususnya kelas IV SD YLBMI Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar masih belum menggembirakan. Hal ini salah satunya disebabkan oleh rendahnya motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajran membaca suratsurat pilihan. Berdasarkan hasil survei awal, penulis yang juga sebagai guru Pendidikan Agama Islam di sekolah tersebut mencoba mengidentifikasi permasalahan berkaitan dengan kemampuan siswa membaca surat-surat pilihan dan mendiskusikan permasalahan tersebut kepada dosen pembimbing. Berdasarkan hal tersebut di atas, dan hasil diskusi bersama dosen pembimbing, penelitian ini mencoba menerapkan model pembelajaran kolaborasi dalam proses pembelajaran membaca surat-surat pilihan. Alasan pemilihan model ini karena diperkirakan akan mampu mengatasi permasalahan di atas, sekaligus meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca surat-surat pilihan. Model ini memungkinkan siswa untuk belajar melalui praktik dan latihan secara berkelompok dengan memanfaatkan potensi interaksi dan kerja sama antar siswa. Ketika proses belajar berlangsung, siswa dapat berdiskusi dan saling mengoreksi bacaan. Dari sini diharapkan siswa dapat menemukan dan menyadari kekurangannya sendiri, kemudian memperbaikinya agar tidak mengulangi lagi kesalahan tersebut. Setelah melakukan aplikasi model pembeljaran kolaborasi, observasi proses, evaluasi hasil, dan refieksi sebanyak tiga siklus, diperoleh data bahwa model pembelajaran kolaborasi sangat efektif digunakan pada pembelajaran membaca surat-surat pilihan. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan nilai hasil belajar yang cukup berarti baik secara individu maupun kolektif. Data peningkatan hasil belajar membaca surat-surat pilihan diperoleh setelah dilakukan analisis dan evaluasi terhadap empat aspek (makhraj huruf, harakat, panjang pendek dan tingkat kelancaran) pada pembacaan siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 29 Jul 2016 01:06 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 01:06 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5837 |
Actions (login required)
View Item |