Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KOMUNIKASI INOVASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI APLIKASI LAGU (LAYANAN TUNGGU) DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PEKANBARU

Fetri Aprilia Br Ginting, Fetri (2022) KOMUNIKASI INOVASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI APLIKASI LAGU (LAYANAN TUNGGU) DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru berkomitmen untuk memaksimalkan sistem pelayanan kepada masyarakat. Untuk dinas menggagas sebuah inovasi baru dibidang pelayanan dengan menggunakan Aplikasi Layanan Tunggu (LAGU). Riset ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana komunikasi inovasi pelayanan publik melalui Aplikasi Layanan Tunggu (LAGU) yang dilakukan oleh Disdukcapil Kota Pekanbaru. Riset ini menggunakan desain metode penelitian kualitatif dengan analisis melalui empat elemen penting menurut Everett M Rogers yaitu inovasi, saluran komunikasi, waktu dan sistem sosial. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara secara langsung, observasi dan dokumentasi. Temuan dalam riset ini menunjukan bahwa Disdukcapil Kota Pekanbaru melakukan komunikasi Inovasi Aplikasi LAGU ke pada masyarakat dengan mengganti sistem pelayanan sebelumnya dari manual ke sistem online. Selanjutnya, meningkatkan standar pelayanan publik dengan memudahkan masyarakat dalam pengurusan penerbitan KTP Elektronik untuk keadaan rusak, hilang dan urgent. Saluran komunikasi yang digunakan menggunkan media massa yaitu radio, website resmi Disdukcapil Kota Pekanbaru dan website Pemerintah Kota Pekanbaru, media sosial serta komunikasi interpersonal. Proses perencanaan hingga launching aplikasi LAGU memakan waktu satu bulan, sedangkan proses komunikasi inovasinya dari tahun 2020 dan terus berlanjut ketahun berikutnya. Selama periode ini, jumlah pengguna aktif aplikasi mencapai 5.757 pengguna. Sistem sosial melibatkan Disdukcapil Kota Pekanbaru sebagai Inovator, Pemerintah Kota Pekanbaru, UPTD di tiap kecamatan, RT/RW serta masyarakat Kota Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Inovasi, Pelayanan Publik, Aplikasi Layanan Tunggu
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 24 Jan 2022 04:16
Last Modified: 24 Jan 2022 04:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58151

Actions (login required)

View Item View Item