Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING (BK) DALAM MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 7 PEKANBARU

NUR FADILAH, - (2021) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING (BK) DALAM MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 7 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (744kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NUR FADILAH.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nur Fadilah, (2021): Peran Guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam Mengurangi Kejenuhan Belajar Daring Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMK Negeri 7 Pekanbaru Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru BK dalam mengurangi kejenuhan belajar daring pada masa pandemi COVID-19 di SMK Negeri 7 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, Informan utama dalam penelitian ini yaitu guru BK dan informan pendukung yaitu guru Mata Pelajaran, Wali Kelas dan siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana peran guru BK dalam mengurangi kejenuhan belajar daring pada masa pandemi COVID-19 di SMK Negeri 7 Pekanbaru; 2) Apa faktor yang mendukung dan menghambat peran guru BK dalam mengurangi kejenuhan belajar daring pada masa pandemi COVID-19 di SMK Negeri 7 Pekanbaru, hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran guru BK dalam mengurangi kejenuhan belajar pada masa pandemi COVID-19 di SMK Negeri 7 Pekanbaru sudah berjalan cukup baik, guru BK melaksanakan bimbingan dan konseling secara daring dan mengevaluasikan setiap kegiatan yang telah dilaksanakan. 2) Guru BK membantu melakukan meet secara berkala ataupun interaksi via WA antara guru dan siswa, pembuatan video pembelajaran yang menarik, pemberian materi motivasi belajar, tips belajar daring dari guru BK, agar mampu mengurangi kejenuhan sehingga siswa semangat untuk belajar. Guru BK bekerja sama dengan guru mata pelajaran dibuktikan dengan adanya guru BK disetiap google classroom dan ikut memantau di setiap grup belajar daring siswa. 3) Faktor-faktor pendukung peran guru BK adalah, karakter pribadi guru BK dan fasilitas yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah waktu pelaksanan layanan bimbingan dan konseling daring sesuai dengan kondisi pandemi COVID-19 saat ini dan jumlah guru BK yang sedikit sehingga kesulitan memantau siswa, setiap guru BK memegang 400- 500 siswa. Kata Kunci: Peran Guru BK, Kejenuhan Belajar Daring, COVID-19

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 19 Jan 2022 01:49
Last Modified: 19 Jan 2022 01:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57773

Actions (login required)

View Item View Item