Yuhelti (2014) PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN KHALID BIN WALID PASIRPENGARAIAN KABUPATEN ROKAN HULU (Studi Inovasi Kurikulum Pendidikan). Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (58kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (21kB) | Preview |
Abstract
Yuhelti.(2013).Pengembangan Kurikulum Pendidikan Pondok Pesantren Khalid Bin Walid Pasirpengaraian Kabupaten Rokan Hulu (Studi Inovasi Kurikulum Pendidikan) SMP IT Khailid Bin Walid merupakan suatu lembaga Pendidikan Islam yang dikelola oleh Yayasan Rabbani Bina Islam, lembaga ini memakai atau menggunakan aturan Kurikulum Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan Nasional, mata pelajaran Pondok yang diajarkan di SMP IT adalah Tauhid, Fiqih, Qur’an Hadist, Aqidah Akhlak, Tarekh SKI, Bahasa Arab, dan Tafsir. Semua mata pelajaran ini masuk ke dalam pendidikan islam formal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pelakasanaan pengembangan kurikulum Pondok yang dilaksanakan di SMP IT Pesantren Khalid Bin Walid Pasir Pengaraian Kabupaten Rokan Hulu, dalam mewujudkan visi dan misi yang telah mereka susun di lembaga tersebut, dan utuk mengetahui bagaimana lembaga ini mewujudkan tujuan mereka dalam membentuk generasi muda yang islami.Dalam penulisan ini penulis berharap penelitian ini dapat bermamfaat bagi dunia pendidikan terutama di lembaga pendidikan yang memakai kurikulum pondok. Penelitian ini yang penulis lakukan merupakan penelitian kualitatif, karena dalam penelitiannya penulis mendeskripsikan tentang pelaksanaan kurikulum pondok yang diterapkan di SMP IT Pesantren Khalid Bin Walid Kabupaten Rokan Hulu. Bentuk metode penelitian yang penulis lakukan untuk mengumpulkan bahan atau data penulis mengunakan metoda wawancara, observasi, dan dokumentasi. Semua data yang telah terkumpul dideskripsikan secara berurutan. Kemudian data yang telah terkumpul, dilaksanakan pengecekan data untuk mengetahui keabsahan datanya dengan mengunakan triangulasi dan analisa kasus, serta member check untuk mengetahui apakah data yang telah terkumpul sudah valid. Pengembangan Kurikulum Pondok di SMP IT Pesantren Khalid Bin Walid Kabupaten Rokan Hulu, merupakan perpaduan Kurikulum Diknas dan Kurikulum Kementerian Agama serta Kurikulum Pondok dengan mengunakan waktu belajar dua jam pelajaran perminggu bentuk kurikulum yang dikembangkan berbentuk hidden kurikulum. Untuk mencapai hasil yang diharapkan, mereka melaksanakan peraturan –peraturan Pondok yang harus diikuti dan dipatuhi oleh santri– santrinya, yang telah disepakati bersama oleh pengasuh , Kyai,guru dan orang tua santri Akhir kalam penulis berharap agar penelitian ini bermanfaat bagi dunia pendidikan terutama bagi lembaga pendidikan yang memakai kurikulum pondok, Amin!
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 15 Jul 2016 01:57 |
Last Modified: | 15 Jul 2016 01:57 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5735 |
Actions (login required)
View Item |