DIANA SARTIKA, - (2021) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE THE POWER Of TWO TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI KELAS X MADRASAH ALIYAH TERANTANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (7MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Diana Sartika (2021): Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe the Power of Two terhadap Aktivitas Siswa di Kelas X Madrasah Aliyah Terantang Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan pada Aktivitas siswa di kelas X yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe The Power of Two dengan Aktivitas siswa di kelas X yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional di Madrasah Aliyah Terantang. Penelitian ini dilatar belakangi dengan Sebagian besar siswa kurang memperhatikan pelajaran yang di jelaskan oleh guru, hal ini dapat di libatkan bahwa masih banyak siswa yang melakukan kegiatan yang tidak berhubungan dengan pelajaran yang diberikan oleh guru. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah bentuk Nonequivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X Ilmu Pengetahuan Sosial sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe The Power of Two terhadap aktivitas siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa siswi Ilmu Pengetahuan Sosial kelas X sebanyak 56 siswa sedangkan sampel adalah siswa kelas X Ilmu Pengetahuan Sosial 1 dan X Ilmu Pengetahuan Sosial 2 dengan jumlah masing-masing kelas sebanyak 28 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah tes “t”. Berdasarkan hasil analisis data melalui uji hipotesis dengan uji t yang menunjukkan dengan taraf signifikan 5 % (1,673) dan 1% (2,397) atau 1,673 < 5,412 > 2,397 yang berarti maka Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara aktivitas belajar siswa dengan menggunakan Strategi The Power Of Two dengan aktivitas belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Terantang. Dengan adanya perbedaan tersebut maka dapat dijelaskan bahwa ada pengaruh Strategi The Power Of Two terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Terantang. Kata kunci : Pengaruh, Strategi The Power of Two, Aktivitas siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 05 Jan 2022 03:41 |
Last Modified: | 05 Jan 2022 03:41 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57293 |
Actions (login required)
View Item |