Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Analisis Kemandirian Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Dar Ahlussunnah Waljama’ah Sungai Pinang, Kecamatan Kubu Babussalam

Intan Safeni, - (2021) Analisis Kemandirian Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Dar Ahlussunnah Waljama’ah Sungai Pinang, Kecamatan Kubu Babussalam. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Intan Safeni (2021) : Analisis Kemandirian Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Dar Ahlussunnah Waljama’ah Sungai Pinang, Kecamatan Kubu Babussalam Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Dar Ahlussunnah Waljama’ah Sungai Pinang, Kec. Kubu Babussalam. Jenis penelitian ini adalah penelitiandeskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dari penelitian ini adalah kelas IPS. Sedangkan objek penelitian ini adalah analisis kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 50 siswa dan informan tambahannya adalah guru mata pelajaran akuntansi sebanyak 2 orang guru akuntansi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa bahwa kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Dar Ahlussunnah Waljama’ah Sungai Pinang yang meliputi indikator percaya diri, kemampuan bekerja sendiri, menguasai keahlian dan keterampilan yang sesuai dengan kerjanya, menghargai waktu dan tanggung jawa diperoleh bahwa kemandirian belajar dalam bentuk tanggung jawab cenderung lebih tinggi dibandingkan indikator lainnya dengan kategori secara keseluruhan tergolong baik. Kata Kunci: Analisis, Kemandirian Belajar, Akuntansi, dan Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 05 Jan 2022 03:25
Last Modified: 05 Jan 2022 03:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57277

Actions (login required)

View Item View Item