Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 8 PEKANBARU

SHINTARO JAVATRA BINTANG, - (2021) PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 8 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Shintaro Javatra Bintang (2021): Pengaruh Penggunaan E-Learning Berbasis Moodle dalam Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara Pengaruh Penggunaan E-Learning Berbasis Moodle dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 8 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi ketika pandemi covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMAN 8 Pekanbaru yang berjumlah 97 orang dan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh yang berjumlah 97 orang siswa. Objek penelitian adalah pengaruh penggunaan e-learning berbasis moodle terhadap hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sebelum digunakan, angket terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil uji analisis diperoleh Thitung > Ttabel (5,174 > 1,98525) yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan e-learning berbasis Moodle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 8 Pekanbaru. Besarnya pengaruh penggunaan media e-learning berbasis moodle terhadap hasil belajar siswa adalah sebesar 22%. Sedangkan sisanya sebesar 78% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Pengaruh, E-learning, Moodle, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 28 Dec 2021 03:07
Last Modified: 28 Dec 2021 03:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57160

Actions (login required)

View Item View Item