Ainul Fitri (2014) THE EFFECTS OF USING DRTA STRATEGY TOWARD STUDENTS’ PARTICIPATION AND THEIR READING COMPREHENSION AT SMPN 03 BANTAN. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (137kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (29kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini menyelidiki mengenai signifikansi dan efektifitas dari partisipasi anak dalam pengajaran reading comprehension dan pemahaman mereka pada teks narrative bahasa Inggris. Berdasarkan pengalaman peneliti dalam mengajar bahasa Inggris di SMPN 6 Bantan dan studi awal yang dilakukan di SMPN 3 Bantan, peneliti menemukan kepasifan anak dalam belajar reading comprehension, Mereka tidak berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran yang sedang berlansung, juga ditemukan kemampuan mereka dalam memahami teks bahasa Inggris rendah. Hal ini disebabkan karena anak tidak terstimulasi untuk berfikir dan menbangun ide mereka. Untuk mengatasi masalah ini peneliti mengusulkan salah satu startegi membaca dengan pemahaman yang bisa meningkatkan partisipasi anak dalam kegiatan pembelajaran dan bisa membimbing mereka untuk menjadi pembaca yang baik dengan berfikir kritis. Disain penelitian ini adalah quasi experimental dengan disain 2 grup pre-test dan grup post-test. Peserta dalam penelitian ini diambil dari kelas VIII SMPN 3 Bantan dengan menggunakan klaster sampling. Penggunaan strategi DRTA diterapkan pada kelas VIII B (n= 20) sebagai kelompok experiment, sedangkan pada VIII D (n=20) sebagai kelompok kontrol diterapkan metode konvensional. Data penelitian dikumpulkan dengan memberikan 25 soal dalam bentuk pilihan ganda dan observasi cek list yang terdiri dari 10 item ke 40 orang siswa (kelompok experimen dan kelompok kontrol) dengan rentang skala 1-5 (Sangat sering, sering, kadang-kadang, jarang, tidak pernah). Data dianalisa dengan menggunakan rumus t-test dan tingkat efektifitas. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa mengajar dengan menggunakan strategi DRTA meningkatkan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran dan meningkatkan pemahaman mereka dalam membaca teks bahasa inggris pada teks narrative. Penelitian ini menemukan adanya perbedaan mean score pada tingkat kesalahan (α= 0.05) antara kelompok experiment dan kelompok control.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 28 Jun 2016 04:10 |
Last Modified: | 28 Jun 2016 04:10 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5710 |
Actions (login required)
View Item |