Siti Aisyah, - (2021) Pengaruh Strategi Pembelajaran Tidak Langsung melalui Metode Resitasi terhadap Aktivitas Belajar PAI di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (878kB) |
||
|
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Siti Aisyah, (2021): Pengaruh Strategi Pembelajaran Tidak Langsung melalui Metode Resitasi terhadap Aktivitas Belajar PAI di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan metode resitasi dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang diharapkan dapat menunjang aktivitas belajar siswa. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu strategi pembelajaran tidak langsung melalui metode resitasi dan aktivitas belajar PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran tidak langsung melalui metode resitasi terhadap aktivitas belajar Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pengaruh strategi pembelajaran tidak langsung melalui metode resitasi terhadap aktivitas belajar Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pekanbaru . Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII, VIII, dan IX sebanyak 200 siswa, sedangkan teknik pengambilan sampel yang dilakukan secara acak (stratified random sampling) dengan jumlah 60 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan korelasi product moment. Perhitungan data dilakukan secara manual dan dengan bantuan program SPSS. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa ada pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran tidak langsung melalui metode resitasi terhadap aktivitas belajar PAI di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pekanbaru, hal ini terlihat dari hasil rhitung= 0,671 lebih besar dari rtabel pada taraf signifikan 5% = 0,176, atau 0,671 > 0,176. Maka Ha diterima sedangkan H0 ditolak. Jadi, kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran tidak langsung melalui metode resitasi terhadap aktivitas belajar PAI di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pekanbaru. Kata Kunci: Metode Resitasi, Aktivitas Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 04:20 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 04:20 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/55558 |
Actions (login required)
View Item |