Winda Purnama Sari, - (2021) engaruh Penggunaan Media Pembelajaran ELearnig Moodle terhadap Keaktifan Belajar Siswa di MAN 2 Kuantan Singingi. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (648kB) |
||
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK vii Winda Purnama Sari (2021): Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran ELearnig Moodle terhadap Keaktifan Belajar Siswa di MAN 2 Kuantan Singingi Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengtahui pengaruh media pembelajaran elearning moodle terhadap keaktifan belajar siswa di MAN 2 Kuantan Singingi. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS di MAN 2 Kuantan Singingi berjumlah 50 orang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS sedangkan yang menjadi objeknya adalah pengaruh media pembelajaran e-learning moodle terhadap keaktifan belajar siswa XI IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan bantuan SPSS 26.0. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis data pada pengaruh penggunaan media pembelajaran e-learning moodle di MAN 2 Kuantan Singingi diperoleh data observasi sebesar 93,4% tergolong pada rentang nilai antara 81%-100% yang ditafsirkan dalam kategori sangat baik sedangkan pada data angket keaktifan belajar sebesar 84% tergolong pada rentang nilai 81%-100% yang ditafsirkan dalam kategori sangat baik. Demikian juga dengan analisis data yang telah peneliti lakukan maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh antara penggunaan media pembelajaran e-learning moodle terhadap keaktifan belajar siswa di MAN 2 Kuantan Singingi yang diperoleh melalui uji regresi linear sederhana dimana b= 0,592 bertanda positif yang berarti setiap kali variabel x bertambah satu, maka rata-rata variabel y bertambah 0,592. Sementara kontribusi (sumbangan) variabel x (media e-learning moodle) terhadap variabel y (keaktifan belajar) adalah sebesar 35% sedangkan 65% sisanya dipengaruhi atau dijelaskan dengan variabel lain, misalnya faktor guru, lingkungan belajar, pergaulan siswa, tutor sebaya, kepribadian atau faktor lainnya yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Media, E-Learning Moodle, Keaktifan Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 13 Aug 2021 00:02 |
Last Modified: | 13 Aug 2021 00:02 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54417 |
Actions (login required)
View Item |