Andre Hermansyah, - (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS PLUS BINABANGSA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Andre Hermansyah (2021): Pengaruh Model Pembelajaran E-Learning terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Plus Binabangsa Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran e-learning terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Plus BinaBangsa Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.Subjek penelitian ini adalah siswa SekolahMenengah Atas Plus BinaBangsa Pekanbaru, sedangkan objeknya adalah pengaruh model pembelajaran e-learning terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Plus BinaBangsa Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Atas Plus BinaBangsa Pekanbaru yang terdiri dari kelas X MIPA, X IIS, dan XI IIS secara keseluruhan populasi ini djadikan sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan persentase dan menggunakan regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran e-learning di Sekolah Menengah Atas Plus BinaBangsa Pekanbaru tergolong baik yaitu dengan persentase 79,53%, dan minat belajar siswa dikategorikan baik mencapai rata-rata sebesar 75,10%.Berdasarkan hasil penelitian bahwa model pembelajaran e-learning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Plus BinaBangsa Pekanbaru yang terbukti dari nilai thitung>ttabel (6,948 > 2,685) dengan nilai signifikansi kecil dari 0,05 (0,000<0,05) yang berarti Hα diterima, Ho ditolak. Hal ini dilihat dari persentase sumbangan pengaruh model pembelajaran e-learning terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Plus BinaBangsa Pekanbaru sebesar 50,7%. sedangkan sisanya 49,3 % (100% - 50,7%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Pengaruh, model pembelajaran e-learning, minat belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 10 Aug 2021 08:26 |
Last Modified: | 10 Aug 2021 08:27 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53915 |
Actions (login required)
View Item |