SARI PUTRI RAHMADANI, - (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 1 INUMAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Sari Putri Rahmadani (2021): Pengaruh Pengunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Inuman Kabupaten Kuantan Singingi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran inside outside circle terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Inuman Kabupaten Kuantan Singingi. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dan desain yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa, sedangkan objeknya adalah pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Inuman Kabupaten Kuantan Singingi. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa yang belajar ekonomi di SMA Negeri 1 Inuman yang berjumlah 463 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 36 siswa kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan 35 siswa kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol, sehingga total sampel 71 orang. Teknik pengambilan sampel adalah metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah test t. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa keaktifan belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini dibuktikan melalui uji hipotesis dengan menggunakan test t yang menunjukkan bahwa t hitung > t tabel baik taraf signifikan 5 % (1,995) maupun 1% (2,649) atau 1,995 < 3,781 > 2,649 maka Ha diterima dan Ho ditolak, yang berarti penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle sangat berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa. Kata Kunci: Kooperatif, Tipe Inside Outside Circle, Keaktifan Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 11 Aug 2021 01:04 |
Last Modified: | 11 Aug 2021 01:04 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53855 |
Actions (login required)
View Item |