Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU DI KELAS IV SD NEGERI 007 SIBIRUANG KECAMATAN KOTO KAMPAR HULU KABUPATEN KAMPAR

SONIA FALENSIA, - (2021) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU DI KELAS IV SD NEGERI 007 SIBIRUANG KECAMATAN KOTO KAMPAR HULU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
BAB I -BAB V.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (972kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada tema daerah tempat tinggalku di kelas IV SD Negeri 007 Sibiruang Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar melalui penerapan metode pembelajaran Mind Mapping. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 20 orang siswa kelas IV B SD Negeri 007 Sibiruang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran mind mapping dan keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini dilaksanakan saat pandemi covid19 dengan teknik pengambilan datanya melalui observasi dan dokumentasi yang dilakukan pershift sesuai dengan aturan yang diberlakukan oleh pihak sekolah, yang mana dalam 1 shift terdiri dari 10 orang siswa atau 50% siswa dari jumlah keseluruhan dan dilakukan dalam dua siklus, sehingga setiap siklus nya dilaksanakan dalam empat kali pertemuan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data sebelum adanya tindakan, keterampilan berbicara siswa memiliki nilai persentase yaitu 50,5% dengan kategori “Kurang Baik”. Pada siklus I keterampilan berbicara siswa mencapai 68,5% dengan kategori “Kurang Baik” sehingga jumlah siswa yang tuntas hanya 6 orang, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebanyak 88,75% dengan kategori “Baik” dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 20 orang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada tema daerah tempat tinggalku di kelas IV SD Negeri 007 Sibiruang Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 07 Aug 2021 11:48
Last Modified: 07 Aug 2021 11:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53531

Actions (login required)

View Item View Item