Uswatun Hasanah, - (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA SISWA PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 030 SIBUAK KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (824kB) |
||
|
Text
SKRIPSI USWATUN HASANAH PASTI BISA.pdf Download (16MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Uswatun Hasanah, (2021): Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Siswa Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 030 Sibuak Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kerja sama siswa pada tema daerah tempat tinggalku muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan model pembelajaran teams games tournament di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 030 Sibuak Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan kerja sama siswa dikarenakan masih banyak siswa yang kurang berkontribusi dalam pembelajaran berkelompok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 14 orang siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 030 Sibuak. Sedangkan objeknya adalah penerapan model pembelajaran teams games tournament dan kemampuan kerja sama siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan anlisis deskriptif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa metode teams games tournament dapat meningkatkan kemampuan kerja sama siswa. Hal ini dapat diketahui dari sebelum tindakan hanya mencapai 42.7% yang berada pada rentang 30-49% dengan kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan kelas pada siklus I, kemampuan kerja sama siswa meningkat menjadi 63,7% yang berada pada rentang 50-59% dengan kategori cukup baik. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 86,7% yang berada pada rentang 70-89% dengan kategori baik. Dengan demikian dapat di ambil kesimpulan bahwa penerapan model teams games tournament dapat meningkatkan kemampuan kerja sama siswa pada tema daerah tempat tinggalku muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 030 Sibuak Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Kata Kunci : Model Teams Games Tournament, Kerja Sama Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 04 Aug 2021 06:27 |
Last Modified: | 04 Aug 2021 06:27 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52985 |
Actions (login required)
View Item |