Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Metode Pembelajaran Course Review Horay Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Tema Panas Dan Perpindahannya Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar

Nurfazira, - (2021) Penerapan Metode Pembelajaran Course Review Horay Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Tema Panas Dan Perpindahannya Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSIAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurfazira, (2021) : Penerapan Metode Pembelajaran Course Review Horay Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Tema Panas Dan Perpindahannya Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep peserta didik pada tema panas dan perpindahannya kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Simpang Kubu kabupaten Kampar Kecamatan Kampar, penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep peserta didik, diantaranya peserta didik kurang mampu menyatakan ulang konsep, peserta didik kurang mampu mengaplikasikan sebuah objek tertentu sesuai sifatnya, dan peserta didik belum bisa mengaitkan berbagai konsep yang telah dipelajarinya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah satu orang pendidik dan 20 orang peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Simpang Kubu Kecamatan Kampar kabupaten Kampar. Objek dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran Course Review Horay dan pemahaman konsep peserta didik. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus .terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan Teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisi data yang digunakan yaitu aktivitas pendidik dan aktivitas peserta didik dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan metode Course Review Horay dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik rata-rata mencapai 55,00 atau berada pada kategori kurang. Kemudian dilakukan tindakan dengan metode pembelajaran Course Review Horay pada siklus I, nilai pemahaman konsep peserta didik sedikit lebih meningkat dengan rata-rata 71,25 dengan kategori cukup. Pada siklus II nilai pemahaman konsep peserta didik meningkat dengan rata-rata 86,75 dengan kategori baik. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode pembelajaran Course Review Horay dapat meningkat pemahaman konsep peserta didik dikelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Kata kunci : Metode Course Review Horay, Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Jul 2021 08:22
Last Modified: 27 Jul 2021 08:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52304

Actions (login required)

View Item View Item