Sri Rahmi (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN KALIMAT KELIRU KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 002 MUARA JALAI KECAMATAN KAMPAR UTARA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (47kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (15kB) | Preview |
Abstract
Melihat kenyataan yang terjadi di lapangan pada siswa kelas IV SD Negeri 002 Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara, yaitu rendahnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, maka peneliti merasa perlu melakukan perbaikan dan pembaharuan dalam peningkatan aktivitas belajar siswa dengan melakukan penelitian yang menerapkan permainan kalimat keliru dalam proses pembelajaran dikelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan permainan kalimat keliru kelas IV Sekolah Dasar Negeri 002 Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 002 Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua kali siklus. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi aktivitas siswa dengan menggunakan permainan kalimat keliru untuk meningkatkan aktivitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dalam dua siklus, diperoleh peningkatan pada aktivitas belajar siswa. Hal ini terlihat pada perolehan skor yang di dapat dalam setiap siklus. Adapun perolehan skor pada aktivitas belajar siswa sebelum dilakukan tindakan hanya 39,5% kategori “Lemah”. Kemudian perolehan skor rata-rata pada siklus I dengan menggunakan permainan kalimat keliru 55,75% kategori “Cukup”, dan perolehan skor pada siklus II meningkat dengan rata-rata 86,25% kategori “Sangat Kuat”. Dari pelaksanaan tindakan dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan permainan kalimat keliru dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas IV SD Negeri 002 Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 06 Jun 2016 03:40 |
Last Modified: | 06 Jun 2016 03:40 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5142 |
Actions (login required)
View Item |