Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN BIMBINGAN KARIR DALAM PERENCANAAN KARIR SANTRI MADRASAH ALIYAH SWASTA DI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWARAH PEKANBARU RIAU

Helda Yanti Putri, - (2021) PERAN BIMBINGAN KARIR DALAM PERENCANAAN KARIR SANTRI MADRASAH ALIYAH SWASTA DI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWARAH PEKANBARU RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI HELDAYATI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan memiliki peran yang sangat besar dalam menciptakan kualitas sumber daya manusia, kemampuan, pengetahuan dan keterampilan. Hal ini juga mempersiapkan siswa untuk memasuki dunia kerja setelah mereka menyelesaikan studi mereka. Salah satu upaya yang dapat dilakukan sekolah untuk menghasilkan lulusan yang kompeten bagi siswa adalah melalui bimbingan konseling dengan program bimbingan karir. Bimbingan karir adalah program yang diberikan oleh guru BK dimana siswa diberikan arahan dan bimbingan mengenai karir masa depan. Selain itu, bimbingan karir sebagai bagian integral dari proses bimbingan memiliki manfaat bagi siswa dalam mengarahkan diri dan menciptakan kemandirian dalam memilih karir yang sesuai dengan kemampuannya. Hal ini akan memicu siswa untuk merencanakan karir masa depan mereka secara rinci dalam rangka mempersiapkan karir yang ingin mereka capai. Subyek penelitian ini adalah Peran Guru Bimbingan Karir melalui Program Bimbingan Karir dalam Perencanaan Karir Siswa Madrasah Aliyah Swasta Pondok Pesantren Al-Munawwarah Pekanbaru Riau. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan dari wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII sebanyak 83 siswa, kepala sekolah dan guru BK. Dalam hal ini penulis menggunakan teknik random sampling dalam memilih subjek sampel. Sampel dalam penelitian ini adalah guru BK sebagai informan kunci, kepala sekolah dan 5 siswa. Jadi, jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 7 orang. Berdasarkan data penelitian, penulis menyimpulkan bahwa dalam bimbingan karir, penting bagi guru BK untuk memahami tujuan, strategi dan faktor pendukung pelaksanaan bimbingan karir. Padahal, bimbingan karir memiliki peran dalam karir masa depan siswa. Kata Kunci : Bimbingan Karir, Perencanaan Karir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 13 Jul 2021 03:15
Last Modified: 13 Jul 2021 03:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/51249

Actions (login required)

View Item View Item