Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN JAMU SEGAR WARAS DI KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH

JIHAN FITRIA ITSNANI, - (2021) PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN JAMU SEGAR WARAS DI KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Jihan Fitria Itsnani, (2021): Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Peningkatan Penjualan Jamu Segar Waras di Kecamatan Tualang Kabupaten Siak Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah Penelitian ini dilatar belakangi oleh terjadinya kenaikan penjualan jamu pada usaha jamu segar waras pada saat covid 19. Kenaikan penjualan jamu meningkat terjadi karena menawarkan produk-produk yang berkualitas yang mampu bersaing di pasaran. Dari fenomena diatas penulis ingin mengetahui sejauh mana dan seberapa besar pengaruh kualitas produk terhadap peningkatan penjualan. Populasi dalam penelitian ini, berjumlah 250 orang dengan sampel 71 orang konsumen jamu segar waras. Dalam menentukan sampel, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data Accidental Sampling dan untuk mendapatkan total jumlah sampel penulis menggunakan rumus Slovin. Dari hasil penelitian ini, berdasarkan menggunakan uji t bahwa kualitas produk terhadap peningkatan penjualan memiliki pengaruh positif signifikan, hal ini dapat kita lihat melalui r hitung > r tabel, selain itu untuk memperkuat data tersebut, dapat diketahui bahwasannya t hitung untuk variabel kualitas produk (X) sebesar = 11.937 terhadap peningkatan penjualan (Y) hal ini berarti t hitung 11.937 > t tabel 1.968 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan hasil dari uji determinasi dapat diketahui besarnya pengaruh variabel bebas (kualitas produk) terhadap variabel terikat (Peningkatan Penjualan) adalah sebesar 67,4% dan sisanya 32,6% dipengaruhi oleh variabel lain. Dari kesimpulan diatas, penulis menyimpulkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan. Sedangkan menurut tinjauan Ekonomi Syariah mengenai pengaruh kualitas produk terhadap peningkatan penjualan telah sesuai dengan prinsip ekonomi syariah. Hal tersebut dapat dilihat bahwa umkm tersebut mengunakan bahan-bahan yang alami yang tidak merugikan konsumen, tidak ada unsur ataupun bahan – bahan tambahan yang membuat suatu jamu tersebut menjadi haram. Kata Kunci: Kualitas Produk, Peningkatan Penjualan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 16 Jun 2021 10:21
Last Modified: 16 Jun 2021 10:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49632

Actions (login required)

View Item View Item