Dewi Hidayati (2014) STRATEGI GURU PEMBIMBING DALAM MENCEGAH TERJADINYA TINDAKAN BULLYING ANTAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 20 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (20kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (18kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) bentuk perilaku yang mengarah pada tindakan bullying dan (2) strategi guru pembimbing dalam mencegah terjadinya tindakan bullying antar siswa di SMP Negeri 20 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualititatif. Subjek penelitian ini adalah siswa korban bullying dan guru pembimbing. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah strategi dalam mencegah terjadinya tindakan Bullying. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 3 orang siswa dan 5 orang guru pembimbing, Peneliti menggunakan Total Sampling (semua populasi dijadikan sampel). Untuk pengumpilan data digunakan wawancara terhadap siswa dan guru pembimbing. Observasi dilakukan terhadap siswa secara keseluruhan untuk melihat perilaku yang mengarah pada bullying yang terjadi antar siswa. Data penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif yaitu memaparkan apa adanya hasil wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bentuk-bentuk perilaku yang mengarah pada tindakan bullying adalah (1) Siswa korban bullying dipanggil dengan ejekan fisik seperti si gendut, si gaek, si pendek dan mengolok-olok nama orangtua. (2) perlakuan tersebut dilakukan oleh teman sekelas dan senior. (3) didorong, dipukul dan ditendang. (4) dipermalukan didepan umum dan dituduh melakukan sesuatu yang tidak dilakukan. (5) merusak dan menghilangkan barang orang lain. (6) diancam. Sedangkan strategi Guru pembimbing dalam mencegah tindakan bullying adalah (1) Guru Pembimbing menanamkan bahwa rasa aman adalah milik semua orang. (2) Guru Pembimbing Membekali Siswa dalam Menghadapi Pelaku Bullying. (3) Guru Pembimbing membangkitkan rasa kerjasama antar individu. (4) Guru Pembimbing menyadarkan siswa bahwa setiap individu berbeda-beda latar belakang, cita-cita, pendapat, agama, dan ras. (5) Guru Pembimbing membangkitkan rasa cinta lingkungan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 17 May 2016 03:54 |
Last Modified: | 17 May 2016 03:54 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4931 |
Actions (login required)
View Item |