Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE JARINGAN PERTANYAAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH AURSATI KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Muhammad Rizal (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE JARINGAN PERTANYAAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH AURSATI KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (38kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di MIM Aursati Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar, penulis menemukan gejala-gejala yang menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa, diantaranya dari 20 orang siswa hanya 8 orang yang telah mencapainilai di atas KKM 65 yang telah ditetapkan, Siswa terkesan sulit untuk menjawab soal ulangan, hal ini terlihat ketika dilakukan ulangan hanya 8 orang atau siswa yang dapat menjawab soal dengan benar, Sebagian siswa dari 20 orang siswa tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan guru, baik pekerjaan di kelas maupun pekerjaan rumah, Siswa yang remedial setelah ujian mencapai 50% dari jumlah siswa 20 orang siswa. Dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran aktif tipe jaringan pertanyaan dalam meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahaun Sosial pada kelas IV MIM Aursati Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapantahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Berdasarkan hasil observasi sebelum tindakan hasil belajar siswa hanya mencapai rata-rata nilai 62,50dengan kategori sedang, pada siklus I hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata nilai 70,50 dengan kategori sedang, dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan sangat memuaskan dengan perolehan rata-rata nilai 77 dengan kategori baik. Hal ini membuktikan bahwa melalui penerapan strategi pembelajaran aktif tipe jaringan pertanyaan dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 14 May 2016 00:00
Last Modified: 14 May 2016 00:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4838

Actions (login required)

View Item View Item