Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Aktivitas Pembelajaran Bahasa Arab di Pusat Bahasa terhadap Kemampuan Mengikuti Kuliah Studi Teks Fikih di Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau.

Nur Aminah Lubis, - (2021) Pengaruh Aktivitas Pembelajaran Bahasa Arab di Pusat Bahasa terhadap Kemampuan Mengikuti Kuliah Studi Teks Fikih di Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (764kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nur Aminah Lubis, (2021): Pengaruh Aktivitas Pembelajaran Bahasa Arab di Pusat Bahasa terhadap Kemampuan Mengikuti Kuliah Studi Teks Fikih di Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara aktivitas pembelajaran bahasa Arab di Pusat Bahasa terhadap kemampuan mengikuti kuliah Studi Teks Fikih di jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau. Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah karena dalam sebuah teori mengatakan bahwa salah satu tujuan pembelajaran bahasa Arab adalah agar pembelajar mampu memahami dan mengerti buku-buku yang berliteratur bahasa Arab, akan tetapi dalam kenyataannya tujuan tersebut belum tercapai. Subjek penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 2017 konsentrasi Fikih yang berjumlah 70 orang mahasiswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah pengaruh aktivitas pembelajaran bahasa Arab di Pusat Bahasa terhadap kemampuan mengikuti kuliah Studi Teks Fikih. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis diperoleh rhitung< rtabel pada taraf signifikan 5% dan 1% atau (0,173 < 0,232 dan 0,173 < 0,302) yang berarti tidak ada pengaruh yang signifikan antara aktivitas pembelajaran bahasa Arab di Pusat Bahasa terhadap kemampuan mengikuti kuliah Studi Teks Fikih di jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau. Hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai R Square sebesar 0,030. Hasil ini menunjukkan sumbangan variabel X terhadap variabel Y hanya 3% sedangkan sisanya 97% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak di bahas dalam penelitian ini. Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Kemampuan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 Apr 2021 04:40
Last Modified: 21 Apr 2021 04:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/48350

Actions (login required)

View Item View Item