Nurfa Hani, - (2021) Efektivitas Penerapan Metode Mind Mapping dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Penguasaan Jumlah Fi’liyah Siswa Madrasah Tsanawiyah Darul Qur’an Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
SKRIPSI NURFA HANI.pdf Download (16MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Nurfa Hani, (2021) : Efektivitas Penerapan Metode Mind Mapping dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Penguasaan Jumlah Fi’liyah Siswa Madrasah Tsanawiyah Darul Qur’an Kampar. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode Mind Mapping dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan penguasaan jumlah fi’liyah siswa Madrasah Tsanawiyah Darul Qur’an Kampar. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah metode Mind Mapping dalam pembelajaran bahasa Arab efektif untuk meningkatkan penguasaan jumlah fi’liyah siswa Madrasah Tsanawiyah Darul Qur’an Kampar?” Penelitian ini dimulai dari merancang langkah-langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi, kemudian tes. Populasi penelitian adalah 382 siswa di Madrasah Tsanawiyah Darul Qur’an Kampar tahun ajaran 2020/2021, dengan sampel siswa kelas IX A sebagai kelas eksperimen dan kelas IX C sebagai kelas kontrol Madrasah Tsanawiyah Darul Qur’an Kampar. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX A dan IX C Madrasah Tsanawiyah Darul Qur’an Kampar. Objek penelitian ini adalah efektivitas penerapan metode Mind Mapping dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan penguasaan jumlah fi’liyah siswa Madrasah Tsanawiyah Darul Qur’an Kampar. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan tes. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Mind Mapping dalam pembelajaran bahasa Arab efektif untuk Meningkatkan penguasaan jumlah fi’liyah siswa Madrasah Tsanawiyah Darul Qur’an Kampar. Karena nilai To = 4.36 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2.72 dan taraf signifikansi 5% = 2.05 ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain Metode Mind Mapping dalam pembelajaran bahasa Arab efektif untuk meningkatkan penguasaan jumlah fi’liyah siswa Madrasah Tsanawiyah Darul. Kata Kunci : Efektivitas, Metode Mind Mapping, Jumlah Fi’liyah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 06 Apr 2021 08:05 |
Last Modified: | 06 Apr 2021 08:05 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/48153 |
Actions (login required)
View Item |