Edi Purwandi (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE KARTU ARISAN DI KELAS IV B SD NEGERI 042 TAMPAN KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (50kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (16kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik khususnya pada mata pelajaran matematika, hal ini terlihat dari 36 orang peserta didik hanya 14 orang peserta didik (38,89%) yang mencapai Keriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan metode kartu arisan dapat meningkatkan hasil belajar kognitif matematika siswa kelas IVB SDN 042 Tampan Pekanbaru pada sub materi pengukuran”. Adapun waktu penelitian ini bulan AgustusNovember 2010. Agar penelitian tindakan ini berhasil dengan baik tanpa ada yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: perencanaan/ persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Untuk mendapatkan data dalam penelitian ini penulis menggunakan tekhnik observasi, tes hasil belajar matematika dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik, sedangkan tes dilakukan untuk mengetahui ketercapaian kompetensi pada materi operasi hitung campuran secara individu terhadap peserta didik yang mengikuti pembelajaran langsung dengan kelompok spontanitas terpimpin, sedangkan dokumentasi dilakukan untuk mengetahui profil sekolah. Berhasilnya penerapan metode kartu arisan diketahui dari adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Pada sebelum diadakan tindakan hasil belajar siswa mencapai 14 siswa (38,89%) dengan kategori rendah. Pada siklus I hasil belajar peserta didik mencapai 18 siswa (50%) dengan kategori sedang. Pada siklus II hasil belajar cukup memuaskan yaitu telah mencapai 29 siswa (80,56%) dengan kategori tinggi, keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan pembelajaran pada mata pelajaran matematika dengan penerapan metode kartu arisan dapat dikatakan berhasil.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 11 May 2016 20:22 |
Last Modified: | 11 May 2016 20:22 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4747 |
Actions (login required)
View Item |