Upik Sariati (2014) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF GUIDED NOTE TAKING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH AL-MUTTAQIN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (250kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (10kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang belajar menggunakan strategi aktif Guided Note Taking dan pembelajaran konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang belajar menggunakan strategi aktif Guided Note Taking dan pembelajaran konvensional?” Penelitian ini adalah penelitian Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Dalam penelitian ini peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran dan guru Matematika di MTs Al-Muttaqin sebagai observer. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII yang berjumlah 70 orang, yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII A 34 orang dan VII B 36 orang. Pengambilan data dalam penelitian ini mengunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama tujuh kali, yaitu sekali untuk menguji soal pretes, lima kali pertemuan menggunakan strategi pembelajaran aktif Guided Note Taking kemudian satu pertemuan lagi melaksanakan postes. Untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa digunakan pretest dan postes, sedangkan untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji homogenitas dan uji normalitas data. Dalam penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa digunakan uji “t”. Dari hasil analisis yang dilakukan diperoleh hasil uji “t” yaitu t0 = 2,75 yang berarti lebih besar dari harga ttabel pada taraf signifikan 1% maupun pada taraf 5% (2,0 < 2,75 > 2,65) dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran aktif Guided Note Taking dan pembelajaran konvensional. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran aktif Guided Note Taking memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 11 May 2016 19:53 |
Last Modified: | 11 May 2016 19:53 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4734 |
Actions (login required)
View Item |