Afriyanti Zahara (2014) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN UNIT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH DESA GOBAH KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (126kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (6kB) | Preview |
Abstract
Pemahaman konsep merupakan salah satu dari tujuan pembelajaran matematika. Karena rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika yang dimiliki siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Desa Gobah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar, peneliti tertarik untuk meneliti pengaruh penerapan metode pembelajran unit terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Desa Gobah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah Apakah ada Perbedaan Penerapan Metode Pembelajaran Unit Terhadap Pemahaman Konsep Pembelajaran Matematika Siswa Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Desa Gobah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar? Berapa besar Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Unit Terhadap Pemahaman Konsep Pembelajaran Matematika Siswa Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Desa Gobah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif metode pembelajaran unit terhadap pemahaman konsep pembelajaran matematika siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Desa Gobah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel penuh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Desa Gobah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar dan sampel dalam penelitian ini, kelas VII.a sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.b sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan melakukan dokumentasi, observasi dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama lima kali, yaitu empat kali pertemuan dengan menerapkan metode pembelajaran unit dan satu pertemuan lagi dilaksanakan posttest. Berdasarkan hasil data yang diperoleh, dianalisis menggunakan tes “t”. Analisis data menunjukkan nilai thitung = 2,84 dan ttabel pada taraf signifikan 5% dan 1% sebesar 2,02 dan 2,72. Hal ini menunjukkan bahwa (2,02 < 2,84 > 2,72), yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Penerapan metode pembelajaran unit berpengaruh positif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Desa Gobah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar pada materi bilangan pecahan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 11 May 2016 16:43 |
Last Modified: | 11 May 2016 16:43 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4704 |
Actions (login required)
View Item |