Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PENCARIAN INFORMASI PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS IV D SEKOLAH DASAR NEGERI 176 PEKANBARU KECAMATAN TAMPAN

Rizki Sahdeli (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PENCARIAN INFORMASI PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS IV D SEKOLAH DASAR NEGERI 176 PEKANBARU KECAMATAN TAMPAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (37kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi pencarian informasi pada mata pelajaran Sains di kelas IV D Sekolah Dasar Negeri 176 Pekanbaru Kecamatan Tampan. Adapun Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV D Sekolah Dasar Negeri 176 Pekanbaru Kecamatan Tampan tahun ajaran 2013-2014 dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang, yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 19 orang siswa perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains di kelas IV D Sekolah Dasar Negeri 176 Pekanbaru Kecamatan Tampan melalui strategi pencarian informasi. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes hasil belajar, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hasil belajar siswa sebelum tindakan sebesar 68,3% atau 21 orang siswa yang tuntas, pada siklus I hasil belajar siswa dengan rata-rata 73,6% atau 27 orang siswa yang tuntas. Berdasarkan perbaikan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat mencapai 78,9% dengan jumlah 30 orang siswa yang tuntas. Keadaan ini menunjukan proses pembelajaran Sains dapat dikatakan meningkat dengan menggunakan strategi pencarian informasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 10 May 2016 18:39
Last Modified: 10 May 2016 18:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4652

Actions (login required)

View Item View Item