Reschi Amelca, - (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERAGAMAN DI NEGERI KU KELAS VI MIS RUMBIO KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (622kB) |
Abstract
Reschi Amelca, (2021): PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERAGAMAN DI NEGERI KU KELAS VI MIS RUMBIO KABUPATEN KAMPAR Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa melalui Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading And Composition Pada Tema Indahnya Keberagaman Di Negeri Ku Di Kelas IV MIS Rumbio Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Objek dalam penelitian ini adalah Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading And Composition dan Pemahaman Konsep siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan Observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading And Composition dapat meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Hal ini diketahui sebelum tindakan diperoleh nilai Pemahaman Konsep siswa rata-rata hanya mencapai rata-rata 52,50 dengan kategori Kurang baik . Kemudian dilakukan tindakan dengan Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading And Composition pada siklus I, nilai pemahaman konsep siswa sedikit lebih meningkat dengan rata-rata mencapai mencapai 66,22 masih dengan kategori Kurang baik, Pemahaman konsep siswa sudah mulai meningkat namun masih belum mencapai indikator yang diharapkan, selanjutnya dilakukan perbaikan pada siklus II pemahaman konsep siswa meningkat dengan rata-rata 78,88 dengan kategori Cukup baik. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa melalui penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading And Composition dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa di kelas IV Mis Rumbio Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading And Composition, Pemahaman Konsep
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 22 Feb 2021 01:46 |
Last Modified: | 22 Feb 2021 01:46 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/45642 |
Actions (login required)
View Item |