SRI HASANATUN TOIBA, - (2021) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN METAKOGNITIF TERHADAP KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAAN EKONOMI KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 15 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (8MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Sri Hasanatun Toiba, (2020): Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Metakognitif Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaraan Ekonomi Kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri 15 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran metakognitif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri 15 Pekanbaru.Penelitian ini di latar belakangi oleh belum maksimalnya keterampilan berfikir kritis siswa saat proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Quasi ekperimen dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Cotrol Group Design. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa, sedangkan objek penelitiannya adalah strategi pembelajaran metakognitif dan keterampilan berfikir kritis siswa.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri 15 Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X (Ilmu-ilmu Sosial) 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X (Ilmu-ilmu Sosial) 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi,dokumentasi, dan tes.Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu satu kali pertemuan menggunakan prettest, empat kali pertemuan menerapkan strategi pembelajaran metakognitif dan satu kali menggunakan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah Test ―T‖. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan mean antara dua kelas yaitu kelas kelaseksperimen 85,6944 lebihtinggidibandingkankelas kontrol sebesar 80,1389. Dari hasil uji t diperoleh nilai thitung>ttabel baik taraf signifikan 5% (1,667) dan 1% (2,381) atau 1,667 < 2,739> 2,381 berarti maka diterima dan ditolak. Hal ini terdapat pengaruh signifikan strategi pembelajaran metakognitif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 15 Pekanbaru. Kata Kunci: Metakognitif, Keterampilan Berfikir Kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 17 Feb 2021 01:54 |
Last Modified: | 17 Feb 2021 01:54 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/44262 |
Actions (login required)
View Item |