Fadri Rahman (2014) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM POSING DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CO-OP CO-OP TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMK FARMASI IKASARI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (245kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (24kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang menggunakan pendekatan problem posing dengan pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “apakah terdapat perbedaan penerapan pendekatan problem posing dengan pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMK Farmasi Ikasari Pekanbaru?”. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Farmasi Ikasari Pekanbaru yang berjumlah 156 orang dan sampel penelitian ini adalah kelas XI.1 Farmasi yang berjumlah 40 orang (sebagai kelas eksperimen) dan kelas XI.2 Farmasi yang berjumlah 40 orang (sebagai kelas kontrol). Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak lima kali, yaitu empat kali pertemuan dengan menggunakan pendekatan problem posing dengan pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Untuk melihat hasil penelitian tersebut digunakan rumus test untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan pendekatan problem posing dengan pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op lebih tinggi dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, sehingga diambil kesimpulan bahwa pendekatan problem posing dengan pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 03 May 2016 18:54 |
Last Modified: | 03 May 2016 18:54 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4263 |
Actions (login required)
View Item |