Rima Yulyani, - (2021) Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual) pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Darul Qur’an Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (638kB) |
||
|
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Rima Yulyani, (2020): Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual) pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Darul Qur’an Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual) pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Darul Qur’an Kampar dan faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas penggunaan model pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual) pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Darul Qur’an Kampar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai September 2020 di Madrasah Tsanawiyah Darul Qur’an Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Darul Qur’an Kampar, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah efektivitas penggunaan model pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual) pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Darul Qur’an Kampar. Populasi dari penelitian ini adalah guru mata pelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Darul Qur’an Kampar yang berjumlah 2 orang dan penelitian ini tidak mengambil sampel karena kurang dari 100 populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan presentase. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa efektivitas penggunaan model pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual) pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Darul Qur’an Kampar dikategorikan “Efektif” dengan hasil observasi guru 65,56% berada pada rentang angka 61%-80% yang menunjukkan hasil “Baik”. Faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas penggunaan model pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual) pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Darul Qur’an Kampar, yaitu: kondisi siswa, tujuan pembelajaran, situasi kegiatan belajar mengajar, ketersediaan fasilitas, kemampuan guru dan alokasi waktu yang tersedia. Kata Kunci: Efektivitas, Model Pembelajaran SAVI, Fiqih
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 16 Feb 2021 03:21 |
Last Modified: | 16 Feb 2021 03:21 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/41295 |
Actions (login required)
View Item |