Syifa’ul Jannah, - (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 010 SAWAH KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (903kB) |
||
|
Text
SKRIPSI SYIFA'UL JANNAH.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Syifa’ul Jannah, (2020): Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa pada pada pembelajaran matematika kelas IV sekolah dasar negeri 010 sawah kecamatan kampar utara kabupaten kampar memalalui penerapan model pembelajaran group investigation. Penelitian ini dilator belakangi oleh rendahnya keterampilan pemecahan masalah siswa tepatnya pada pembelajaran matematika kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu 1 orang guru dan 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation dapat Meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa pada pelajaran matematika di Kelas IV SDN 010 Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Hal ini dapat disimpulkan sebelum dilakukan tindakan siswa yang mencapai nilai keterampilan pemecahan masalah hanya 7 orang siswa atau 35% dengan kategori kurang karena berada pada rentang 30-49%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 siswa yang mencapai nilai keterampilan pemecahan masalah menjadi 14 orang atau 70% dengan kategori baik karena berada pada rentang 70-89%. Secara klasikal belum mencapai indicator yang diharapkan. Maka pada siklus II nilai kemampuan pemecahan masaah siswa meningkat menjadi 20 orang siswa atau 100% dengan kategori sangat baik karena 100% berada pada rentang 90-100%. Ini berarti kemampuan pemecahan masalah siswa sudah mencapai 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran matematika di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 010 Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Model Pembelajaran Group Investigation, Keterampilan Pemecahan Masalah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 27 Jan 2021 18:09 |
Last Modified: | 27 Jan 2021 18:09 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/37640 |
Actions (login required)
View Item |