Mafari Afrizal (2014) PENERAPAN FUNGSI PENGORGANISASIAN DALAM PELAYANAN IBADAH PADA JAMAAH MASJID AGUNG AN-NUR PROVINSI RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.
|
Text
fm.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (116kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
em.pdf Download (56kB) | Preview |
Abstract
Masjid merupakan tempat ibadah bagi umat muslim. Namun karena akar katanya mengandung makna tunduk dan patuh, maka hakikat Masjid adalah tempat melakukan segala aktivitas yang mengandung arti kepatuhan kepada Allah SWT semata. Masjid sebagai pusat kegiatan keagamaan bagi umat muslim perlu adanya sebuah manajemen guna mewujudkan tujuan Masjid itu sendiri. Melalui penelitian kualitatif, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara pengurus Masjid dalam menjalankan fungsi pengorganisasian dan pelayanan kepada Jama’ah. Penelitian ini dilakukan pada Badan Pengelola Masjid Agung An-Nur Provinsi Riau. Responden pada penelitian ini berjumlah dua orang yang diambil dengan menggunakan teknik Purposif Sampling yang memenuhi karakteristik penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan, peneliti menemukan beberapa fakta yang terkait dengan Fungsi Pengorganisasian dan Pelayanan pada Jama’ah Masjid Agung An-Nur. Bahwa Badan Pengelola Masjid Agung An-Nur Provinsi Riau dalam mnerapkan fungsi pengorganisasiannya sudah cukup bagus, karena sudah memenuhi beberapa indikator dalam menerapkan fungsi pengorganisasian, selain itu BPMAA juga menjalankan fungsinya sesuai dengan apa yang telah ditetapkan dalam Surat Keputusan Gubernur No 18 tahun 2010 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Badan Pengelola Masjid Agung An-Nur Provinsi Riau, dan dalam pelayanannya Badan Pengelola Masjid Agung An-Nur Provinsi Riau menerapkan beberapa hal yang dapat mmenunjang dalam sebuah pelayanan seperti, fasilitas fisik, keandalan, kesiapan pelayanan, dan kemudahan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 20 Apr 2016 05:31 |
Last Modified: | 20 Apr 2016 05:31 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/3427 |
Actions (login required)
View Item |