Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Kurikulum 2013 Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam

Lalu Muhammad Nurul Wathoni (2018) Kurikulum 2013 Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Disertasi thesis, UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
1. 201816DPAI_COVER DISERTASI.pdf

Download (406kB)
[img] Text
2. 201816DPAI_PENGESAHAN.pdf

Download (288kB)
[img] Text
3. 201816DPAI_KATA PENGANTAR DISERTASI.pdf

Download (328kB)
[img] Text
4. 201816DPAI_DAFTAR ISI DISERTASI.pdf

Download (352kB)
[img] Text
5. 201816DPAI_ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (377kB)
[img] Text
6. 201816DPAI_BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (597kB)
[img] Text
7. 201816DPAI_BAB II LANDASAN TEORI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. 201816DPAI_BAB III METODOLOGI.pdf

Download (411kB)
[img] Text
9. 201816DPAI_BAB IV ANALISIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
10. 201816DPAI_BAB V PENUTUP.pdf

Download (389kB)
[img] Text
11. 201816DPAI_DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf

Download (523kB)

Abstract

Lalu Muhammad Nurul Wathoni (2017) : Kurikulum 2013 Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam Berangkat dari landasan filosofis Kurikulum 2013 yang menyebutkan bahwa tidak ada satupun filosofi pendidikan yang dapat digunakan secara spesifik untuk pengembangan kurikulum 2013. Menjadikan pemikiran filasafat pada Kurikulum 2013 sangat implisit. Maka kurikulum ini menjadi multitafsir dalam pengimplementasiannya dikalangan stakeholder pendidikan sebagaimana yang terjadi dibeberapa sekolah. Padahal dengan landasan filsafat yang eksplisit maka arah dan tujuan kurikulum menjadi jelas. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1). Apa hakikat Kurikulum 2013?; 2). Bagaimana landasan filosofis Kurikulum 2013 dalam perspektif filsafat pendidikan Islam?; 3). Bagaimana pandangan filsafat pendidikan Islam terhadap komponen Kurikulum 2013?; dan 4). Bagimana implikasi Kurikulum 2013 terhadap pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam?. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Sedangkan analisa data yang dipakai adalah analisis isi (content analysis) dengan menganalisis data primer, yaitu dokumen kurikulum 2013. Adapun tahapan dalam penelitian yaitu pengumpulan data primer dan sekunder, mereduksi data dengan membuang data yang tidak perlu, unitisasi data yaitu mengklasifikasikan data sesuai bab bahasan, inferensi data yaitu menganalisis data untuk mendapatkan temuan hasil penelitian, dan terakhir memberikan kesimpulan. Temuan dalam disertasi ini adalah bahwa 1) hakikat Kurikulum 2013 adalah meningkatkan basis perubahan pada sikap, pengetahuan dan keterampilan pada diri peserta didik demi terciptanya pendidikan karakter yang baik dalam berketuhanan (imâniyyah-ilâhiyyah), berprikemanusiaan (akhlâkiyyah-insâniyyah), membina persatuan (ukhûwah islâmiyah-insâniyah), serta meminimalisir kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan peradaban bangsa. 2) Kurikulum 2013 memiliki landasan filsafat falasafah al-hadhâri, yaitu berprinsip pada peradaban, kebudayaan dan kemajuan dengan memandang penting nilai-nilai moral (akhlâk), pengetahuan dan keterampilan (kompetensi). Pemikiran filososfis Islam yang mewarnai Kurikulum 2013 adalah AlDîniy al-Muhâfizh, Al-Dîniy al-‘Aqlâniy, Al-dzarâi’iy dan Rekonstruksionisme. 3) pandangan filsafat pendidikan Islam terhadap komponen Kurikulum 2013 yaitu a. SKL sangat dipengaruhi oleh taksonomi Bloom namun harus dikembangkan dengan domain spiritual-transendental, yaitu iman; b. Standar proses pendekatan scientific approach pada lingkungan belajar dikembangkan dari tri-pusat pendidikan menjadi catur-pusat pendidikan, yakni keluarga, masyarakat, masjid dan sekolah; c. Penilaian yang bebasis proses (autentik) seharusnya tidak dibatasi penilaian sikap pada dua mata pelajaran saja (PAI dan PPKn); dan d. Kurikulum 2013 sebagian sudah memenuhi filosofis Pendidikan Islam pada bebrapa komponen dan sebagaian lain pada operasional komponen Kurikulum 2013 masih belum mengadopsi filososfis pendidikan Islam. Dan 4) implikasi Kurikulum 2013 terhadap urikulum pendidikan agama Islam yaitu transfomatif PAI yang terintegrasi, interkoneksi, interaktif, aktif, kolaboratif, interdisipliner dan multidisipliner; pengembangan sains Islam; dan pendidikan holistik pada pendidikan agama Islam

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 11 Jan 2021 15:27
Last Modified: 11 Jan 2021 15:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31672

Actions (login required)

View Item View Item