Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Metode Clustering untukMeningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Siswa Kelas IV pada Tema Indahnya Kebersamaan di Sekolah Babussalam Pekanbaru

Mega Julianingsih, - (2020) Penerapan Metode Clustering untukMeningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Siswa Kelas IV pada Tema Indahnya Kebersamaan di Sekolah Babussalam Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Mega Julianingsih, (2020) : Penerapan Metode Clustering untukMeningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Siswa Kelas IV pada Tema Indahnya Kebersamaan di Sekolah Babussalam Pekanbaru . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode clustering dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa kelas IV pada tema indahnya kebersamaan di sekolah babussalam Pekanbaru, penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis siswa pada muatan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SD Babussalam Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu 1 orang guru dan 21 orang siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, penugasan dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan metode clustering dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa. Hal ini dapat diketahui dari keterampilan menulis karangan siswa sebelum tindakan dengan presentase sebesar 41. Kemudian pada siklus I pertemuan I keterampilan menulis karangan siswa mencapai presentase sebesar 51, pada siklus I pertemuan 2 keterampilan menulis karangan siswa mencapai presentase sebesar 61. Pada siklus II pertemuan 3 keterampilan menulis karangan siswa semakin meningkat dengan persentase sebesar 72, dan pada siklus II pertemuan 4 keterampilan menulis karangan siswa mencapai presentasi 80. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode clustering dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa pada tema indahnya kebersamaan di kelas IV Sekolah Dasar Babussalam Pekanbaru dengan indikator keberhasilan yang sudah di tetapkan yaitu 75 sudah tercapai. Kata Kunci: Metode Clustering, Keterampilan Menulis Karangan siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 Jan 2021 04:03
Last Modified: 15 Jan 2021 04:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31654

Actions (login required)

View Item View Item