Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN ISLAM DALAM MULTIKULTURAL: Analisis Eksploratif pondok Pesantren Dar El-Hikmah Kota Pekanbaru-Riau)

DECKY SAPUTRA, - (2020) PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN ISLAM DALAM MULTIKULTURAL: Analisis Eksploratif pondok Pesantren Dar El-Hikmah Kota Pekanbaru-Riau). Disertasi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
DISERTASI DECKY SAPUTRA OK.pdf

Download (6MB)
[img] Text (BAB IV)
11. DISERTASI BAB IV DECKY SAPUTRA OK - Copy.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Model Pendidikan Islam dalam Bingkai Multikultural (Analisis studi Eksploratif Dipondok Pesantren Dar El-Hikmah Pekanbaru) terdiri dari Konsep pelaksanaan pendidikan Islam dalam bingkai multikultural, yang meliputi kebijakan pendidikan Islam Multikultural, materi pembelajaran pendidikan Islam Multikultural. Pendekatan dalam materi pendidikan Islam multikultural dalam mewujudkan nilai-nilai pendidikan Peace and social harmony Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model yang dianggap ideal dalam Pendidikan Islam dalam Bingkai Multikultural analisis Eksploratif Dipondok Pesantren Dar El-Hikmah Pekanbaru,. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) model four-D. Untuk keperluan pengembangan model, dilakukan pengumpulan data lapangan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Sumber data dalam penelitian ini diklasifikasi menjadi sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer adalah sumber informasi langsung yang diperoleh melalui pengamatan dan wawancara kepada informan. Informan kunci, yakni: Pimpinan Pesantren, Kepala sekolah, Wakil kepala sekolah, Guru-guru kelas/wali kelas, Siswa,Orang Tua Siswa. Sedangkan sumber data sekunder adalah tulisan-tulisan dari pihak lain baik yang dipublikasikan maupun tidak mengenai masalah yang diteliti pada Pondok Pesantren Dar El-Hikmah Pekanbaru. Implikasi model Pendidikan Islam dalam Bingkai Multikultural ini ada dua, yakni: team teaching, dan reupgrade peran guru. Model yang dihasilkan adalah pertama, pelaksanaan pendidikan Islam Multikultural didalam kelas Dipondok Pesantren Dar El-Hikmah Pekanbaru, kedua, pelaksanaan pendidikan Islam Multikultural diluar kelas Dipondok Pesantren Dar El-Hikmah Pekanbaru. Pelaksanaan Pendidikan Islam Multikultural dalam Kelas ( Intrakurikuler) meliputi: Pembelajaran Fiqih multikultural, Pembelajaran Qur‟an Hadits Multikultural, Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Multikultural dan Pembelajaran Aqidah Akhlak Multikultural. Sedangkan Pelaksanaan Pendidikan Islam Multikultural diluar Kelas ( Ekstrakurikuler) meliputi: Peace and Social Harmony, Visiting Religious culture, Annual religious culture event based society, Multicultural Knowing.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 13 Oct 2020 03:50
Last Modified: 13 Oct 2020 03:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30748

Actions (login required)

View Item View Item