KHAIRUDDIN, - (2020) HIDDEN CURRICULUM DALAM PENGEMBANGAN SOFT SKILL SANTRI PONDOK PESANTREN MODERN BINAAN GONTOR DI PROVINSI RIAU. Disertasi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
DISERTASI KHAIRUDDINOK.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB IV)
Disertasi BAB IV KHAIRUDDIN OK.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Disertasi ini berjudul : HIDDEN CURRICULUM DALAM PENGEMBAGAN SOFT SKILL SANTRI PONDOK PESANTREN MODERN BINAAN GONTOR DI PROVINSI RIAU. Rumusan masalah penelitian : (1) Bagaimana konsep dan penerapan Hidden Curriculum dalam pengembangan Soft Skill santri di Pondok Pesantren Modern al-Kautsar Kulim Pekanbaru, Pondok Pesantren Modern al-Jauhar Duri Kabupaten Bengkalis dan Pondok Pesantren Modern Nurul Hidayah Kabupaten Bengkalis ? (2)Apa saja ruang lingkup penerapan Hidden Curriculum dalam pengembangan Soft Skill santri di Pondok Pesantren Modern al-Kautsar Kulim Pekanbaru, Pondok Pesantren Modern alJauhar Duri Kabupaten Bengkalis dan Pondok Pesantren Modern Nurul Hidayah Kabupaten Bengkalis ? Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian: konsep dan penerapan Hidden Curriculum dalam pengembangan Soft Skill santri di Pondok Pesantren Modern al-Kautsar Kulim Pekanbaru, Pondok Pesantren Modern al-Jauhar Duri Kabupaten Bengkalis dan Pondok Pesantren Modern Nurul Hidayah Kabupaten Bengkalis terletak pada nilai-nilai positif yang senantiasa ditanamkan yang diimplementasikan pada Panca Jiwa Pondok sebagaimaan Pondok Modern Gontor, yang memotivasi seluruh gerak Pondok Pesantren Modern al-Kautsar Kulim Pekanbaru, Pondok Pesantren Modern al-Jauhar Duri dan Pondok Pesantren Modern Nurul Hidayah Bantan Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau, yaitu : (1)keihklasan. (2)kesederhanaan, (3) kemandirian, (4)Ukhuwah Islamiyyah, dan (5)berjiwa bebas. Dari Panca Jiwa inilah di ketiga Pondok Modern tersebut kemudian dikembangkan Hidden Curriculum. Keberadaan hidden curriculum, berpengaruh pada perubahan tingkah laku santri. Ruang lingkup penerapan Hidden Curriculum dalam pengembangan Soft Skill santri di ketiga Podok Pesantren Moderen tersebut : (1) Keikhlasan; adalah pangkal dari segala jiwa pondok dan kunci dari diterimanya amal di sisi Allah SWT. Segala sesuatu dilakukan dengan niat semata mata ibadah, lillah, ikhlas hanya untuk Allah semata. Rasa ikhlas itulah yang menjadikan pengasuh dan warga Pondok Pesantren Modern merasa yang penuh kedamaian dan keselamatan karena rasa ikhlas, mereka lillah dan menganggap semua perbuatan merupakan wujud dari ibadah kepada Allah SWT. (2)Kedisiplinan; bentuk soft skills yang pertama ini merupakan pondasi utama selain dalam penerapan pembelajaran juga sebagai awal motto belajar di ketiga Pondok Pesantren Modern ini. Hal ini menggambarkan bahwa kedisiplinan selalu mewarnai semua kegiatan yang ada, baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan, (3)Kesopanan ; kesopanan merupakan hal yang mengandung nilai sopan santun atau etiket dalam pergaulan sehari-hari. Nilai inilah yang tercermin dan terbangun di Pondok Pesantren Modern dengan mengedepankan kesantunan yang tercermin dalam bertutur kata, cara bertindak dan berbusana, (4) Kejujuran ; kejujuran merupakan hal yang sangat penting dalam pembentukan karakter, tidak hanya karakter individu secara perseorangan saja namun juga suatu perkumpulan bahkan kelembagaan, (5)Tanggung jawab; unsur tanggung jawab tercermin antara lain pada saat diberi tugas oleh pendidik atau petugas siaga, (6) Kesabaran ; santri yang belajar di Pondok Pesantren Modern secara pelan dan pasti, bertahap memiliki rasa sabar, terlihat pada saat bermain secara bergantian, mereka mau menunggu giliran, tidak berebut, (7) Kepercayaan diri ; soft skills kepercayaan diri dapat dilihat di berbagai kegiatan di dalam ruangan maupun di luar ruangan, misalnya: pada acara tertentu di masjid, Hal tersebut menunjukkan kepercayaan diri santri dan saling berlomba-lomba untuk melakukan kebaikan. Keyword : hidden curriculum, soft skill dan Pesantren.
Item Type: | Thesis (Disertasi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum |
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 21 Sep 2020 02:43 |
Last Modified: | 21 Sep 2020 02:43 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30510 |
Actions (login required)
View Item |