Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BANGKINANG

Amelia Rahmadhani, - (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BANGKINANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Amelia Rahmadhani, (2020) : Pengaruh Penerapan Model Guided Discovery Learning terhadap Kemandirian Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangkinang Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model guided discovery learning terhadap kemandirian siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangkinang. Adapun yang melatar belakangi penelitian ini adalah adanya siswa yang masih kurang aktif dalam proses pembelajaran, kurang dalam kemauan belajar mandiri, dan masih ada siswa yang tidak percaya diri dengan pendapatnya atau gagasannya sendiri. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan menggunakan desain Posttest Only Design With Nonequivalent Group. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI IIS 1 dan XI IIS 2. Objek penelitian ini adalah penerapan model guided discovery learning terhadap kemandirian siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IIS yang berjumlah 139 orang. Sampel penelitian ini adalah 62 orang siswa kelas XI IIS di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangkinang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling karena sampel dipilih melalui pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji t. Hasil nilai Thitung yang dihasilkan > nilai Ttabel (2,000 < 4,850 > 2,660) dan nilai signifikasi lebih kecil dari 5% (0,000 < 0,05) maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak menjelaskan bahwa terdapat perbedaan kemandirian belajar siswa antara kelas yang menerapkan model guided discovery learning dengan kelas yang menerapkan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangkinang. Kata Kunci : Model Guided Discovery Learning, Kemandirian Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Sep 2020 03:40
Last Modified: 11 Sep 2020 03:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30317

Actions (login required)

View Item View Item