Herna riyanti, - (2020) Hubungan Kecerdasan Logika Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V B SD Islam Terpadu Darul Hikmah Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (662kB) |
|
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Herna riyanti, (2020): Hubungan Kecerdasan Logika Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V B SD Islam Terpadu Darul Hikmah Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan logika matematika, tingkat hasil belajar matematika, dan mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan logika matematika dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V Sekolah Dasar IT Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasi dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD IT Darul Hikmah Pekanbaru yang terdiri dari 49 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar IT Darul Hikmah Pekanbaru sebanyak 24 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan korelasi Pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) tingkat kecerdasan logika matematika siswa kelas V B Sekolah Dasar IT Darul Hikmah Pekanbaru sebagian besar berada pada kategori sedang dengan persentase 63%, (2) tingkat hasil belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas V B Sekolah Dasar IT Darul Hikmah Pekanbaru sebagian besar berada pada kategori sedang dengan persentase 75%, (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan logika matematika terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V B Sekolah Dasar IT Darul Hikmah Pekanbaru, yang dibuktikan dengan hasil uji korelasi yaitu rhitung=0,632 lebih besar dari rtabel= 0,404 (0,632>0,404) dan nilai signifikansi hasil analisis SPSS 0,001 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 0,05 (0,001<0,05) pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan logika matematika dengan hasil belajar matematika di kelas V Sekolah Dasar Islam terpadu Darul Hikmah Pekanbaru. Kata kunci : Kecerdasan Logika Matematika, Hasil Belajar Matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 10 Sep 2020 03:28 |
Last Modified: | 10 Sep 2020 03:28 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30278 |
Actions (login required)
View Item |