Fikri Amanah, - (2020) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PETERNAK PLASMA TERHADAP KINERJA KEMITRAAN PT. CIOMAS ADISATWA 2 DI KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN .pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (655kB) |
|
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf Download (2MB) |
Abstract
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PETERNAK PLASMA TERHADAP KINERJA KEMITRAAN PT. CIOMAS ADISATWA 2 DI KABUPATEN KAMPAR Fikri Amanah (11381102548) Dibawah Bimbinga Penti Suryani dan Dewi Febrina INTISARI Menurut Undang-undang (UU) No. 9 Tahun 1995, kemitraan merupakan kerja sama antara usaha kecil dengan usaha menengah atau usaha besar disertai pembinaan dan pengembangan yang berkelanjutan oleh usaha menengah atau usaha besar dengan memperhatikan prinsip saling memerlukan, saling memperkuat dan saling menguntungkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kemitraan yang dilakukan PT. Ciomas Adisatwa 2 dengan peternak plasma di Kabupaten Kampar dan untuk mengetahui tingkat kepuasan peternak plasma terhadap kinerja pelayanan PT. Ciomas Adisatwa 2 di Kabupaten Kampar. Penelitian ini telah dilaksanakan di Kabupaten Kampar selama satu bulan, yakni pada bulan November 2019. Pemilihan lokasi ini dilakukan secara sengaja (purposive), dengan pertimbangan bahwa lokasi peternak yang mudah di jangkau dan perusahaan kemitraan PT. Ciomas Adisatwa 2 memiliki jumlah peternak plasma cukup banyak di Kabupaten Kampar. Metode yang digunakan adalah Importance and Performance Analysis (IPA) atau Analisis Tingkat Kepentingan dan Kinerja (kepuasan) digunakan untuk mengetahui tingkat kepentingan dan tingkat kinerja yang dirasakan peternak plasma terhadap atribut-atribut mutu pelayanan PT.Ciomas Adisatwa 2. Hasil penelitian menujukkan bahwa tingkat kepuasan peternak terbagi menjadi 4 kuadaran, yakni kuadran A merupakan atribut yang menjadi prioritas utama yaitu, harga kontrak pakan, Kualitas obat dan vaksin,jadwal pengiriman sarana produksi (pakan dan DOC),frekuensi pelayanan dan materi bimbingan, penerapan standar produksi, kesesuaian harga jual hasil panen, pemberian kompensasi, pemberian bonus. Kuadran B merupakan atribut yang perlu dipertahankan oleh perusahaan inti yaitu, ketetapan waktu panen. Kuadran C merupakan atribut tingkat prioritasnya masih rendah yaitu, penerapan harga kontrak DOC, kualitas pakan, harga obat vaksin, bimbingan teknis, respon terhadap keluhan. Kuadran D merupakan kuadran yang dianggap kinerjanya yang dianggap kurang penting oleh peternak dan kinerja yang dilakukan oleh pihak perusahaan dirasakan tinggi, sehingga perusahaan tidak perlu melakukan perbaikan yaitu, Kualitas DOC. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, berdasarkan perhitungan nilai Costumer Satisfaction Index (CSI) pada pengolahan data yang telah dilakukan sebelumnya, nilai kinerja ataupun pelayanan yang telah dilakukan oleh pihak PT. Ciomas Adisatwa 2 ialah sebesar 0,7967 atau 79,67%, dan nilai ini termasuk kedalam kriteria sangat puas. Kata Kunci: Kemitraan, Inti Plasma, Tingkat Kepuasan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 636 Peternakan 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan |
Depositing User: | fapertapet - |
Date Deposited: | 08 Sep 2020 03:38 |
Last Modified: | 08 Sep 2020 03:38 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30201 |
Actions (login required)
View Item |