Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR DALAM PROSES PEMBELAJARAN EKONOMI DIKELAS X MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN DAARUN NAHDHAH THAWALIB BANGKINANG

Mildatul Jannah, - (2020) HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR DALAM PROSES PEMBELAJARAN EKONOMI DIKELAS X MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN DAARUN NAHDHAH THAWALIB BANGKINANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (706kB)

Abstract

ABSTRAK Mildatul Jannah (2020) : Hubungan Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dalam Proses Pembelajaran Ekonomi di Kelas X Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepercayaan diri, prestasi belajar siswa serta hubungan kepercayaan diri dengan prestasi belajar dalam proses pembelajaran ekonomi di kelas X Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa, sedangkan objek penelitiannya hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar dalam proses pembelajaran ekonomi di kelas X Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang. Populasi pada Penelitian ini seluruh siswa kelas X Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang yang berjumlah 209 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 21 siswa dan diambil secara acak disetiap kelasnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa ada hubungan yang erat antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar siswa pada proses pelajaran ekonomi di Sekolah Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang. Hasil tersebut berdasarkan nilai rhitung > rtabel pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu sebesar 0,456 dan 0,575 atau (0,456 < 0,686 > 0,575), sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, yang berarti menunjukkan bahwa semakin tinggi hubungan kepercayaan diri maka semakin tinggi prestasi belajar siswa sebaliknya semakin rendah kepercayaan diri siswa maka rendah pula prestasi belajar siswa. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa kepercayaan diri siswa tergolong “sangat tinggi”, prestasi belajar siswa dalam proses pembelajaran ekonomi tergolong “baik”, serta terdapat hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar siswa dalam proses pembelajaran ekonomi di kelas X Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang. Kata Kunci : Kepercayaan Diri, Prestasi Belajar, Pembelajaran Ekonomi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 14 Aug 2020 02:38
Last Modified: 14 Aug 2020 02:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29424

Actions (login required)

View Item View Item